Minggu, 23 April 2017

Tugas Softskill 4

ActionScript

Definisi ActionScript


ActionScript adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang awalnya dikembangkan oleh Macromedia Inc. (sejak bergabung menjadi Adobe Systems). ActionScript merupakan derivasi HyperTalk, bahasa scripting untuk HyperCard. Sekarang menjadi dialog ECMAScript (maksudnya adalah superset dari sintaks dan bahasa semantik yang lebih dikenal sebagai JavaScript), keduanya dipengaruhi oleh HyperTalk.
Fungsi ActionScript
Action script memeliki beberapa fungsi atau peran yang dapat membantu dalam merancang situs atau movie Flash, diantara nya :
a. Membuat sistem navigasi situs, hal ini berkaitan dengan bagaimana Action Script dapat mengatur user menjelajahi situs atau program yang telah dibuat. Dengan demikian animasi situs yang telah dibuat tidak hanya menjadi “film iklan” belaka, kecuali memang dinginkan seperti itu (dalam kasus film kartun menggunakan Flash).


b. Menambahkan interaktivitas dengan user, dengan action Script user dapat berinteraksi dengan setiap elemen di dalam movie Flash, baik itu tombol movie klip maupun teks.

c. Membuat situs atau Program yang dinamis


Jenis-Jenis ActionScript in Flash

  • ActionScript "1.0" Dengan dirilisnya Flash 5 pada bulan September 2000, aksi dari Flash 4 mengalami peningkatan dan diberi nama yang sama yaitu "ActionScript" untuk pertama kalinya. ActionScript ini adalah versi pertama ActionScript dengan pengaruh dari JavaScript dan standar ECMA-262 (Edisi Ketiga), mendukung model objek standar tersebut dan banyak tipe data intinya.
  • ActionScript 2.0 ActionScript 2.0, diperkenalkan pada bulan September 2003 dengan merilis Flash MX 2004 dan pemutar yang sesuai, Flash Player 7. Sebagai tanggapan atas permintaan pengguna untuk sebuah bahasa yang lebih baik dilengkapi untuk penggunaan yang lebih besar dan aplikasi yang lebih kompleks, ActionScript 2.0 menampilkan tipe kompilasi waktu dan sintaks berbasis kelas, seperti kelas kata kunci dan meluas. (Meskipun ini memungkinkan pendekatan pemrograman berorientasi objek yang lebih terstruktur, kode tersebut tetap akan disusun ke dalam bytecode ActionScript 1.0, yang memungkinkannya digunakan pada Flash Player 6 sebelumnya juga. Dengan kata lain, sintaks pewarisan berbasis kelas adalah Sebuah lapisan di atas sistem berbasis prototipe yang ada.) Dengan ActionScript 2.0, pengembang dapat membatasi variabel ke tipe tertentu dengan menambahkan anotasi jenis sehingga kesalahan ketidakcocokan jenis dapat ditemukan pada waktu kompilasi. ActionScript 2.0 juga memperkenalkan sintaks warisan berbasis kelas sehingga pengembang dapat membuat kelas dan antarmuka, sama seperti bahasa kelas berbasis Java dan C ++. Versi ini sesuai dengan spesifikasi draft ECMAScript Fourth Edition.
  • 2006-sekarang: ActionScript 3.0 Pada bulan Juni 2006, ActionScript 3.0 memulai debutnya dengan Adobe Flex 2.0, Flash Player 9. ActionScript 3.0 adalah restrukturisasi mendasar dari bahasa tersebut, sehingga menggunakan mesin virtual yang sama sekali berbeda. Flash Player 9 berisi dua mesin virtual, AVM1 untuk kode yang ditulis dalam ActionScript 1.0 dan 2.0, dan AVM2 untuk konten yang ditulis dalam ActionScript 3.0. ActionScript 3.0 menambahkan dukungan terbatas untuk akselerasi perangkat keras (DirectX, OpenGL).



Referensi :

- https://en.wikipedia.org/wiki/ActionScript
- http://www.academia.edu/13197895/LAPORAN_MULTIMEDIA_-_ACTION_SCRIPT_FLASH_
- http://waniperih.weebly.com/flash-dan-action-script.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar