Rabu, 24 Desember 2014

Tugas 2 Ilmu Sosial Dasar

RIFQI ADI PRADANA

19114369

Tema : Pemuda dan Sosialisasi

Peranan Generasi Muda dalam Ketahanan Nasional

Globalisasi menjadikan masa depan yang dihadapi penuh ketidakpastian, perubahan adalah sesuatu yang tak bisa dihindarkan, bahkan cenderung berkembang menjadi suatu gejala baru yang penuh dengan kontradiksi, konflik maupun pembalikan arah, sehingga membuat hari depan akan penuh dengan kejutan.

Trend utama globalisasi dan aspek srtategis lainnya yang berlangsung pada awal abad-21 masih berkisar pada demokrasi, individualisme, HAM, lingkungan hidup, revolusi bidang informasi, liberalisasi perdagangan dan pergeseran perimbangan kekuatan dunia. Di satu sisi, lingkungan strategis tersebut membawa dampak positif bagi bangsa Indonesia, sehingga menjadikannya sebagai peluang. Sedangkan di sisi lain, ada pula dampak negatifnya, sehingga menjadikannya sebuah tantangan bagi pemerintah. Tiap negara, termasuk Indonesia, harus memiliki ketahanan dalam menghadapi setiap perubahan. Karena suatu bangsa yang memiliki tingkat ketahanan nasional yang tinggi akan mampu mencapai apa yang dicita-citakan.

Masalah ketahanan nasional ini, peran pemuda tak bisa dilepaskan. Pemuda yang kuat, berdaya, dan berdaya saing tentunya akan menjadi modal utama ketahanan nasional. Pemuda sebagai bagian dari potensi pembangunan perlu diberdayakan agar mampu berkiprah dalam pembangunan dan menghadapi tantangan global.




Analisis Dari Berita diatas

Berita yang berjudulkan “ Peranan Generasi Muda dalam Ketahanan Nasional “, jika kita lihat, dampak yang di keluarkan dari globalisasi yang sudah menyelimuti berbagai macam Negara di seluruh dunia sudah banyak sekali, terutama di Negara kita tercinta yaitu indonesia, datangnya globalisasi memang tak terhindari lagi dan dapat menyebabkan beberapa perubahan yang cukup besar di masa depan, antara lain dibidang ekonomi dan perdagangan, sehingga banyak produk luar negri yang lebih diminati orang lokal dibanding produk dalam negri, hal ini berakibat presentase penghasilan dalam negri lebih kecil di banding pengluaran, maka dari itu peran para pemuda sangat di butuhkan untuk meminimalisir dampak dari globalisasi itu sendiri, pemuda juga mempunyai peran yang sangat penting bagi pembangunan negri inidalam memperkuat ketahan nasional Indonesia dalam menghadapi pengaruh global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar